0
Operator Assignment dalam PHPby sky studio scapeon.Operator Assignment dalam PHPPengertian Operator Assignment dalam PHP Operator assignment adalah operator untuk menambahkan, atau memasukkan sebuah nilai kedalam variabel. PHP memiliki 3 jenis operator assigment, dan kita telah menggunakan 2 diantaranya, yaitu tanda = untuk mengdefenisikan variabel, dan tanda => untuk mengisi nilai dari array. Jenis-jenis Operator Assigment dalam PHP PHP mengenal 3 jenis operator assigment, yaitu […]

Pengertian Operator Assignment dalam PHP

Operator assignment adalah operator untuk menambahkan, atau memasukkan sebuah nilai kedalam variabel. PHP memiliki 3 jenis operator assigment, dan kita telah menggunakan 2 diantaranya, yaitu tanda = untuk mengdefenisikan variabel, dan tanda => untuk mengisi nilai dari array.
Jenis-jenis Operator Assigment dalam PHP

PHP mengenal 3 jenis operator assigment, yaitu Assigment dengan Nilai (Assignment by Value), Assigment Array, dan Assigment dengan Referensi (Assignment by Reference).
Pengertian Operator Assigment dengan Nilai (Assignment by Value)

Assigment dengan Nilai atau dalam istilah pemograman dikenal dengan Assignment by Value , adalah proses pemberian nilai kedalam sebuah variabel dengan meng-copy nilai atau value dari variabel lain.

PHP menggunakan tanda sama dengan (=) untuk Assignment by Value. Secara tidak sadar, kita telah banyak menggunakan operator ini dalam berbagai contoh pada tutorial sebelumnya. Pada saat menggunakan operator “=”, PHP meng-copy nilai (atau value), dari sisi kanan operator ke sisi kiri.

Operator Assignment by Value (dan juga operator assigment lainnya) memiliki arah proses kanan (dapat dilihat dalam tabel urutan proses pada Tutorial PHP: Pengertian Operand, Operator dan Urutan Operator dalam PHP) sehingga proses pemberian nilai kepada sebuah variabel dimulai dari kanan, seperti contoh berikut:

<?php
$a = 20;
$b = 15;
$c = 5;

echo “\$a = $a, \$b = $b, \$c = $c”;
echo “<br />”;
// hasil proses: $a = 20, $b = 15, $c = 5

$a = $b = $c+5;
echo “\$a = $a, \$b = $b, \$c = $c”;
// hasil proses: $a = 10, $b = 10, $c = 5
?>

Pada contoh kode PHP diatas, saya mendefenisikan 3 variabel: $a, $b, dan $c dengan operator assigment by value. Perhatikan pada baris terakhir, dimana saya menuliskan kode $a = $b = $c+5, yang urutan pemrosesannya di mulai dari kanan ke kiri, sehingga yang diproses oleh PHP menjadi: $a = ($b = ($c+5)).
Pengertian Operator Assigment Array

Operator Assigment array adalah operator assigment untuk menginput nilai kedalam array. Operator ini menggunakan tanda panah (=>). Kita telah membahas cara pembuatan, dan penggunaan operator ini pada tutorial Mengenal Tipe Data Array dan Cara Penulisan Array dalam PHP.

Related Posts

 

Leave a Reply