0
10 Penyebab Komputer Restart Sendiriby sky studio scapeon.10 Penyebab Komputer Restart SendiriTeman teman yang punya komputer baru atau mungkin masih awam dengan yang namanya komputer kita sering dipusingkan dengan komputer yang kita gunakan mengalami restart sendiri. Penyebabnaya ada beberapa bagian yang mungkin dulu waktu di SMP sudah diajarkan olek Bapak atau Ibu guru : Hardware, Software dan Brainware karena ketiga bagian itu adalah elemen terpenting dalam […]

Teman teman yang punya komputer baru atau mungkin masih awam dengan yang namanya komputer kita sering dipusingkan dengan komputer yang kita gunakan mengalami restart sendiri. Penyebabnaya ada beberapa bagian yang mungkin dulu waktu di SMP sudah diajarkan olek Bapak atau Ibu guru : Hardware, Software dan Brainware karena ketiga bagian itu adalah elemen terpenting dalam sebuah komputer.

Bagian-bagian penting yang akan kita bahas nanti adalah hardware (Perangkat Keras) dan software (Perangkat lunak). Karena Komputer erat hubungannya dengan Hardware dan software maka penyebab komputer rusak pun banyak penyebabnya yang berhubungan dengan dua persoalan ini,

1. Prosesor Terlalu Panas

Prosesor yang katanya adalah sebuah otak komputer, katanya semua proses dikomputer itu adalah berada di sini, lalu apa hubungannya dengan komputer restart sendiri? Ketika komputer bekerja dengan keras mungkin sedang membuka banyak aplikasi secara bersamaan, maka prosesor yang dikatakan sebagai otak ini akan bekerja ekstra keras. Nah di dalam prosesor ini terdapat sistem untuk menyelamatkan prosesor itu sendiri ketika dalam kondisi temperatur tertentu dengan cara merestar. Bagaimana cara mengatasinya?

Anda bisa mengecek temperatur komputer pada BIOS, atau Aanda bisa menggunakan program untuk mengecek temperatur dari komputer seperti CPUID.
Anda cek untuk bagian Fan Prosesor, apakah perputarannya pelan, karena jika perputarannya pelan maka temperatur prosesor akan mudah panas dan otomatis komputer merestart, Anda bisa juga menyemprotkan cairan anti karat pada bagaian dinamo dari fannya yang seperti biasa saya lakukan.
Anda lihat apakah pada sirip sirip pendingin prosesor tersebut itu banyak debu debunyanya yang mengakibatkan temperaturnya mudah panas .
Sudah mengeringnya pasta prosesor yang ada di atas prosesor. Ini pun yang akan menyebabkan prosesor cepat panas, Anda dapat memberikan pasta prosesor biasanya disebut iso thermal, atau bisa dipakai cara yang lebih ekstrem pakai pasta gigi cara ini juga bisa cuma tidak disarankan karena lama kelamaan akan mengalami penggumpalan ketika lama digunakan.
Sebaiknya Anda bisa meletekkan komputer di ruangan yang ber-AC , sedikit banyak akan memberikan dan menurunkan temperatur dari prosesor ketika prosesor mulai memanas.

Related Posts

 

Leave a Reply