0
Macam-macam Perangkat keras Komputer dan Fungsinyaby sky studio scapeon.Macam-macam Perangkat keras Komputer dan FungsinyaMacam-macam perangkat keras komputer tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula, secara garis besar macam-macam perangkat keras komputer dibedakan dalam 3 kategori atau komponen seperti yang disebutkan diatas. Fungsi Perangkat keras komputer diperlukan untuk mendukung kerja komputer. Sebagai contoh Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya dijelaskan dibawah ini, CPU atau processor bertugas melakukan proses dan mengelola […]

Macam-macam perangkat keras komputer tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula, secara garis besar macam-macam perangkat keras komputer dibedakan dalam 3 kategori atau komponen seperti yang disebutkan diatas.
Fungsi Perangkat keras komputer diperlukan untuk mendukung kerja komputer. Sebagai contoh Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya dijelaskan dibawah ini,

  1. CPU atau processor bertugas melakukan proses dan mengelola informasi, processor biasa disebut sebagai otak dari sebuah komputer.
  2. Internal bus berfungsi menghubungkan motherboard ke video card dan Soud card,
  3. PCI bus berfungsi menghubungkan perangkat keras komputer.
  4. Northbridge dan dan southbridge adalah bentuk inti logika chipset, yang mengendalikan pertukaran informasi antara hard disk dan komputer. Northbridge menghubungkan southbridge ke komputer, dan keduanya menentukan seberapa cepat sistem dapat mengakses memori. Bus eksternal dikendalikan oleh southbridge atau PCI bus. Chipset digunakan untuk komunikasi antara CPU dan memori.
  5. RAM atau Random Acces Memory (memori akses acak) berfungsi menyimpan dan memproses informasi ketika komputer diperintahkan untuk bekerja. RAM lebih cepat daripada hard disk, tapi tidak stabil, hal ini berarti RAM hanya menyimpan informasi sementara dan semua informasi akan hilang ketika Power komputer dimatikan. Jenis-jenis RAM adalah SRAM dan DRAM.
  6. BIOS Basic Input Output System dan terdiri dari firmware. Firewire menghubungkan sebuah kamera video digital ke komputer. SATA hard disk drive menghubungkan ke komputer, sementara eSATA adalah SATA eksternal.
  7. Hard disk drive terdiri dari kepingan piring dengan permukaan magnetik berfungsi menyimpan informasi yang sedang tidak diproses. Sifat hard disk adalah non-volatile, arinya menyimpan informasi secara permanen dan informasi tidak hilang pada saat kegagalan daya. Jenis-jenis hard drive yaitu IDE dan SATA.
  8. Removable drive termasuk drive CD-ROM berfungsi membaca CD, DVD-ROM drive adalah pembaca DVD, dan BD-ROM drive berfungsi membaca Blu-Ray disk. Sebuah CDRW drive berfungsi menulis atau dapat menyimpan data pada kepingan CD digunakan untuk Memback-up file. DVDRW adalah menulis atau menyimpan data pada DVD kepingan DVD, sedangkan DVD-RAM juga menulis pada DVD tetapi mendukung lebih penulisan ulang dari DVD Writer-. Beberapa komputer lama masih memiliki floppy disk drive sebagai pembaca floppy disk, dan USB flash drive adalah pembaca memori flash, memiliki ukuran kecil, ringan dan portable.
  9. Kartu grafis berfungsi memberikan informasi ke layar, dan digunakan untuk membuat grafik pada komputer. Sebuah monitor CRT atau LCD, menampilkan gambar dan video dari komputer dengan memanipulasi warna piksel pada layar.
  10. Soundcard memainkan file suara, menghasilkan suara untuk speaker, dan menerima suara sebagai masukan dari mikrofon. Output audio speaker seperti musik dan efek suara.

Related Posts

 

Leave a Reply