0
Tips Mengisi Baterai Ponsel yang Benarby sky studio scapeon.Tips Mengisi Baterai Ponsel yang BenarGadgetGan.com – Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Jika tidak dilengkapi dengan baterai, tentu smartphone tidak bisa lagi digunakan karena merupakan sumber tenaga dari sebuah smartphone. Mengingat pentingnya sebuah baterai, proses pengisian ulang baterai ponsel tentu perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, pengisian baterai yang kurang tepat akan membuat daya tahan baterai menjadi […]

GadgetGan.com – Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Jika tidak dilengkapi dengan baterai, tentu smartphone tidak bisa lagi digunakan karena merupakan sumber tenaga dari sebuah smartphone.

Mengingat pentingnya sebuah baterai, proses pengisian ulang baterai ponsel tentu perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, pengisian baterai yang kurang tepat akan membuat daya tahan baterai menjadi kurang efisien. Lantas, bagaimana tips mengisi baterai ponsel yang benar ?

Baterai Li-Ion menjadi sebuah jenis baterai yang sering digunakan pada ponsel keluaran terbaru. Aturan pengisian baterai jenis ini ialah minimal 50 persen atau lebih. Rentang yang cukup baik ketika proses pengisian baterai Li-Ion ialah antara 40 persen hingga 80 persen dalam sekali pengisian. Usahakan agar tidak membiarkan baterai ketika berada di bawah 20 persen.

Kapan harus mengisi baterai hingga penuh ?

Pengisian ulang baterai ponsel hingga penuh sebaiknya hanya dilakukan sebulan sekali. Tidak hanya smartphone, proses pengisian ini juga berlaku untuk berbagai perangkat yang menggunakan baterai.

Haruskah melakukan pengisian telepon semalaman ?

Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat kehadiran smartphone anyar sudah sangat pintar. Smartphone tersebut telah dibekali dengan teknologi yang akan menghentikan proses pengisian ketika baterai telah penuh. Dengan demikian, tentu tidak ada risiko apa pun ektika membiarkan telepon diisi semalaman.

Meskipun tidak berisiko, namun para ahli tidak menyarankan melakukan aktivitas tersebut. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan adanya pemanasan yang berlebih sehingga membuat baterai ponsel melembung.

Perlukah menggunakan pengisian baterai cepat ?

Modern ini, telah banyak ponsel Android yang dilengkapi dengan fitur pengisian cepat. Contohnya saja Quick Charge untuk smartphone besutan Qualcomm atau Adaptive Fast Charging untuk smartphone besutan Samsung.

Ponsel-ponsel tersebut biasanya memiliki kode khusus yang terletak pada chip yang dikenal dengan nama Power Management IC (PMIC) yang berkomunikasi dengan pengisi daya yang digunakan, serta meminta agar pengiriman daya dapat berada pada voltase yang lebih tinggi.

Source: gadged

Related Posts

 

Leave a Reply