0
Cloudera Ekspansi ke Indonesia, Bantu Analisis Big Data dan Internet of Things di Tanah Airby sky studio scapeon.Cloudera Ekspansi ke Indonesia, Bantu Analisis Big Data dan Internet of Things di Tanah AirHari ini perusahaan penyedia platform untuk pembelajaran mesin (machine learning), analitik, dan manajemen data yang dioptimasi dengan cloud, Cloudera, baru saja mengumumkan peluncuran entitas resminya di Indonesia. Hal ini dilakukan Clouder untuk mengokohkan komitmennya di kawasan Asia Pasifik. Sementara itu, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang membuka acara ini. Bisa dibilang secara […]

Cloudera Logo

Cloudera Header

Hari ini perusahaan penyedia platform untuk pembelajaran mesin (machine learning), analitik, dan manajemen data yang dioptimasi dengan cloud, Cloudera, baru saja mengumumkan peluncuran entitas resminya di Indonesia.

Hal ini dilakukan Clouder untuk mengokohkan komitmennya di kawasan Asia Pasifik. Sementara itu, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang membuka acara ini.

Bisa dibilang secara strategis kehadiran ekspansi Cloudera ke Indonesia untuk mendukung inisatif smart city pemerintah dan meningkatkan keterampilan para profesional di industri teknologi.

Nantinya kantor Cloudera di Indonesia akan mendukung prospek pertumbuhan dengan karyawan Indonesia yang memegang posisi penting di berbagai fungsi seperti Penjualan, Teknis Solusi, dan Arsitektur Solusi.

Cloudera All

Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan bahwa “dirinya berharap komitmen Cloudera yang lebih besar terhadap Indonesia ini akan membantu kami selangkah lebih dekat dalam perjalanan menuju kesuksesan melalui pemanfaatan big data“.

Selain itu, Rudiantara juga memaparkan alasannya mendukung Cloudera di Indonesia karena ekonomi Indonesia telah berubah dari komoditas ke layanan (seperti jasa pariwisata, perbankan, dan masih banyak lagi).

Hal ini bisa terjadi karena sektor komoditas sedang turun sehingga alternatifnya pada layanan (service). Menariknya sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengalami kenaikan mencapai 10% yang berbeda sedikit dengan perbankan yang mencapai 12%.

Rudiantara juga menuturkan bahwa Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia pernah mengatakan bahwa sektor TIK (seperti Komunikasi dan Media) sendiri harus selalu bertumbuh double digit (angka ganda) agar Indonesia semakin maju ke depannya.

Menurut Rudiantara, Cloudera bisa menjadi sebuah engine untuk memperkuat analisis big data dan Internet of Things sehingga dapat memajukan berbagai sektor di Indonesia, mulai dari Pertanian, Perikanan, dan lainnya.

Contoh dengan big data, nelayan dapat mengetahui waktu yang tepat untuk berlayar. Bahkan mengetahui dimana tempat menangkap ikan terbaik sehingga tepat sasaran tidak membuang waktu.

Tentu saja kehadiran Cloudera di Indonesia ini disambut baik oleh Pemerintah Indonesia karena dapat meningkatkan kemampuan di sektor TIK dengan platform open source yang dimilikinya sehingga dapat mengajak developer maupun pengusahan lokal untuk dapat menangani kompleksitas big data di Indonesia.

The post Cloudera Ekspansi ke Indonesia, Bantu Analisis Big Data dan Internet of Things di Tanah Air appeared first on TeknoJurnal.

Source: tekno1

Related Posts

 

Leave a Reply