0
Google Akan Membuka Registrasi Untuk Penggunaan Top Level Domain .Devby sky studio scapeon.Google Akan Membuka Registrasi Untuk Penggunaan Top Level Domain .Dev[Ilustrasi Oleh Flickr] Di hari pertama acara Chrome Dev Summit kemarin, Google mengumumkan bahwa Top Level Domain (TLD) .dev akan segera dibuka kembali untuk publik. Peluncurannya akan dimulai tahun depan, tepatnya pada bulan Februari 2019. Sebenarnya TLD .dev bukan sebuah hal yang baru untuk komunitas pengembang. Pada beberapa tahun lalu, TLD .dev digunakan oleh kebanyakan […]

TLD .dev Header[Ilustrasi Oleh Flickr]

Di hari pertama acara Chrome Dev Summit kemarin, Google mengumumkan bahwa Top Level Domain (TLD) .dev akan segera dibuka kembali untuk publik. Peluncurannya akan dimulai tahun depan, tepatnya pada bulan Februari 2019.

Sebenarnya TLD .dev bukan sebuah hal yang baru untuk komunitas pengembang. Pada beberapa tahun lalu, TLD .dev digunakan oleh kebanyakan perusahaan dan pengembang menguji secara internal situs web yang sedang mereka kembangkan.

Namun setelah perubahan kebijakan Google pada tahun 2015 untuk menggunakan TLD secara private, dilanjutkan integrasinya ke dalam Chrome dan peramban lainnya yang menyebabkan banyak halaman dengan .dev tidak bisa dibuka pada tahun 2017 lalu, TLD tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Kabar baiknya, tidak butuh waktu lama, kini Google berencana untuk membuka TLD tersebut untuk publik kembali pada tahun 2019 mendatang. Namun, akan ada tiga tahapan yang dilakukan oleh Google untuk melakukannya.

Tahap pertama bernama Sunrise dan akan berlangsung selama 16 Januari hingga 19 Februari 2019. Dalam tahap ini, para pemenang merek dagang diundang untuk mengklaim nama domain yang  relevan dengan mereknya guna menghindari penipuan dengan menggunakan mereknya tersebut.

Tahap kedua merupakan tahap akses awal, yang akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 28 Februari 2019. Pada tahap ini, para pengembang dapat memperoleh domain dengan lebih cepat, tetapi tentu saja biaya yang dikeluarkan pun lebih besar.

Namun Google mengungkapkan, harga domain di tahap akses awal ini akan diturunkan dari waktu ke waktu hingga menjelang tahap terakhir, yakni ketersediaan umum, yang akan diberlakukan mulai tanggal 28 Februari 2019.

Sebagaimana TLD yang diluncurkan pada beberapa waktu lalu, seperti .app dan .page, TLD yang diluncurkan khusus untuk para pengembang ini juga akan menggunakan keamanan HTTPS secara mendasar.

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari informasi mengenai TLD ini dan ingin sekaligus mendapatkannya untuk nama domain Anda, Anda dapat mengunjungi halaman resmi get.dev berikut ini.

Sebagai tambahan informasi, selain mengumumkan ketersediaan TLD .dev ini, Google juga mengumumkan informasi menarik lainnya, seperti ketersediaan Web.dev (sumber daya pengembangan situs web baru) dan VisBug (perlengkapan pengembangan visual berbasis peramban).

[Sumber: 9to5google]

The post Google Akan Membuka Registrasi Untuk Penggunaan Top Level Domain .Dev appeared first on TeknoJurnal.

Source: tekno1

Related Posts

 

Leave a Reply