Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Coral Accelerator Module dan Dev Board Mini Header[Ilustrasi Oleh Pxabay]

Google memperkenalkan dua koleksi baru dari keluarga Coral. Koleksi yang rencananya akan beredar Tahun 2020 ini mengusung nama Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini.

Coral merupakan koleksi perangkat keras dan aksesori buatan Google yang dimaksudkan untuk mendukung pengembangan sistem kecerdasan buatan lokal, yang mana prosesnya terjadi di perangkat.

Hadirnya pengisi Coral Accelerator Module bakal jadi koleksi baru Coral Dev, yang mana dapat digunakan untuk mempercepat pemrosesan sistem kecerdasan buatan di perangkat yang notabene memiliki kemampuan terbatas.

Coral Accelerator Module menggabungkan beberapa chip Tensor Processing Unit (TPU) khusus buatan Google bernama Edge TPU, yang bisa menjalankan beberapa model visi komputer pada 30 frame per detik atau satu model (seperti MobileNet V2) pada 100fps atau lebih tinggi.

Dalam Coral Accelerator Module, chip tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga mendukung antarmuka USB atau PCIe, serta bisa diaplikasikan untuk rancangan PCB (Printed Circuit Board) khusus.

Bekerja sama dengan Murata, Google menyebutkan bahwa mereka berharap modul tersebut sudah siap untuk dikapalkan pada kuartal pertama (Q1) atau kuartal kedua (Q2) tahun 2020 ini.

Sementara Coral Dev Board Mini merupakan papan pengembangan yang menjadi alternatif dari Coral Dev Board namun memiliki ukuran yang lebih kecil, lebih hemat daya, dan lebih murah.

Papan pengembangan ini menggabungkan Coral Accelerator Module dengan System on Chip (SoC) MediaTek 8167s, sehingga dapat digunakan memproses encoding dan decoding video 720p dan penggunaan visi komputer.

Papan pengembangan ini rencananya akan dikapalkan mulai pada pertengahan pertama tahun 2020 ini, menyusul Coral Accelerator Module yang bakal dikapalkan lebih cepat.

Selain memperkenalkan kedua koleksi barunya ini, Google juga mengungkapkan bahwa mereka segera memperkenalkan versi baru dari Coral System on Module (SoM), yang rencananya bakal membawa RAM 2 GB dan 4 GB, sebagai tambahan untuk konfigurasi aslinya yang hanya 1 GB.

Yang terakhir, Google mengungkapkan bahwa ASUS bakal meluncurkan komputer dengan papan tunggal bernama Thinker Edge T. Keistimewaannya, perangkat tersebut bakal menggabungkan Coral SoM dengan menampilkan berbagai antarmuka I/O, beberapa konektor kamera, LED yang dapat diprogram, dan GPIO kode warna.

[Sumber: Venturebeat]

The post Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020 appeared first on TeknoJurnal.

Source: tekno1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *